Kepuasan Masahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare

Ardiansyah, Rian (2021) Kepuasan Masahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
17.1900.034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Konsumen akan merasa gembira dan puas apabila layanan yang mereka terima sesuai harapan termasuk kepuasan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dengan layanan administrasi yang diberikan kepada mahasiswa. Adapun sub masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kualitas layanan administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Prepare dan bagaimana kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare dan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey, dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini mempunyai satu variabel yaitu kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare yang berjumlah 2.169 mahasiswa dan sampel yang dibutuhkan sebanyak 100 responden. Instrument dalam penelitian ini mengunakan kuisioner untuk mendapatkan skor kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan mengunakan presentase rata-rata, frekuensi, dan Gap antara tingkat kepentingan (harapan) dengan tingkat kinerja (kenyataan) yang diberikan pelayanan administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kualitas pelayanan administrasi Fakultas Tarbiyah dikategorikan tinggi dan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan adaministrasi dikategorikan tidak memuaskan. Presentase rata-rata tingkat kinerja yang diberikan dilihat dari tingkat kepentingan mahasiswa terhadap layanan tersebut masih sangat rendah. Dengan demikian Ini menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare dikategorikan tidak memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Apr 2022 05:40
Last Modified: 07 Apr 2022 05:40
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item