Implikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta Didik di SMK DDI Parepare

Sartika, Sartika (2021) Implikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Perilaku Religius Peserta Didik di SMK DDI Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
17.1900.015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi era globalisasi saat ini, perlu pemahaman dan sikap yang menjadi acuan. Pembentukan kepribadian yang bermoral dan berakhlak mulia tidak cukup dengan mengandalkan teori semata, sehingga dalam hal ini dibutuhkan strategi profesional yang dikelola oleh tenaga-tenaga yang berkompeten dan bertanggungjawab. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan perilaku religius peserta didik di SDK DDI Parepare agar memiliki nilai pembeda dengan SMK lain yang berada dikota Parepare, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai agama yang mumpuni di era globaisasi saat ini.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan perilaku perilaku religius peserta didik, serta mendiskripsikan dan menganalisis implikasi atau dampak dari kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan perilaku perilaku religius di SMK DDI Parepare.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan atauverifikasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan perilaku religius di SMK DDI Parepare adalah dengan melibatkan seluru elemen sekolah melalui penerapan strategi, yaitu (1) kebijakan sekolah yang lebih menekankan pada pemberian salam dari siswa kepada guru, melaksanakan shalat dhuha, melaksanakan shalat dhuhur dan ashar secara berjamaah, membaca ayat al-Quran/ayat tertentu sebelum PBM; (2) membangun komitmen kepala sekolah dan warga sekolah; serta (3) implementasi strategi melalui penciptaan suasana religius, internalisasi nilai, keteladanan, dan pembiasaan. Implikasi keberhasilan strategi kepemimpinan kepala sekolah adalah berdampak terhadap perilaku kebiasaan terutama dalam hal peribadatan, peseta didik juga menjadi lebih muda diarahkan, sehingga membangun kesadaran terhadap tanggungjawabnya sebagai peserta didik terutama dalam meningkatkan nilai-nilai religiusitasnya di SMK DDI Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Perilaku Religius
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:51
Last Modified: 07 Apr 2022 03:51
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item