Marwati, Marwati (2021) Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kesadaran Beragama Peserta Didik di UPT SMP Negeri 1 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1100.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendekatan guru pendidikan agama Islam merupakan cara pandang atau cara kerja yang meliputi keagamaan. mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki peserta didik baik potensi kognitif, afektif maupun pskimotorik melalui ajaran agama Islam berdasar Alquran dan Hadis serta mampu menanamkan nilai-nilai Islam melalui proses pendidikan dan menjadikan pembelajaran tersebut sebagai pembentukan pribadi yang berkualitas dengan syariat Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan kesadaran beragama peserta didik di UPT SMP Negeri 1 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang yaitu bervariasi ada yang sadar akan haknya untuk melakukan suatu keagamaan dan adapula yang yang harus selalu diingatkan oleh gurunya atau orang sekitarnya. Adapun hambatan dalam pembinaan kesadaran beragama peserta didik yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, sarana yang kurang dan lingkungan.Selanjutnya pendekatan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan kesadaran beragama peserta didik di UPT SMP Negeri 1 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang yaitu Pendekatan pembiasaan seperti bersikap sopan santun dan tadarus sebelum memulai pembelajaran, shalat zuhur berjamaah dan shalat dhuha. Pendekatan emosional seperti ceramah, bercerita kisah-kisah dan melalui penayangan video. Pendekatan keteladanan seperti guru selalu memberikan keteladanan atau contoh untuk peserta didik dalam hal guru juga ikut serta dalam shalat berjamaah. Pendekatan pengalaman, disini tentunya pengalaman yang bersifat mendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Guru Pendidikan Agama Islam, Kesadaran Beragama
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:17
Last Modified: 28 Mar 2022 06:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3361

Actions (login required)

View Item View Item