Nurhikma, Nurhikma (2021) Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam dengan Model Context, Input, Process dan Product pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1100.035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru dalam melaksanakan program pembelajaran daring pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Barru, tingkat kesiapan siswa dalam mengikuti program pembelajaran daring pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Barru dan untuk mengetahui kesiapan sarana dan prasarana dalam mendukung penyelenggaraan pembelajaran daring pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner untuk guru dan siswa berdasarkan model evaluasi Context, Input, Process dan Product (CIPP). Kuesioner untuk guru terdiri dari 34 item pernyataan dan kuesioner untuk siswa terdiri dari 45 item pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa di SMA Negeri 2 Barru. Sampel penelitian adalah 3 guru pendidikan agama Islam dan 88 siswa. Teknik pengambilan sampel ada dua yaitu, menggunakan pruposive sampling untuk sampel guru dan probability sampling jenis simple random sampling untuk sampel siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor total kesiapan guru sebesar 72.27 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan model evaluasi CIPP diperoleh skor kesiapan guru: (1) Aspek context sebesar 69.05, (2) aspek input sebesar 73.33, (3) aspek process sebesar 73.34, dan (4) aspek product sebesar 71.19. Skor total kesiapan siswa sebesar 77.62 yang termasuk dalam kategori tinggi. Selanjutnya berdasarkan model evaluasi CIPP diperoleh skor kesiapan siswa: (1) Aspek context sebesar 77.37, (2) aspek input sebesar 78.54, (3) aspek process sebesar 77.62, dan (4) aspek product sebesar 75.99. Berdasarkan hasil analisa dan observasi menunjukkan bahwa kesiapan sarana dan prasarana di SMA Negeri 2 Barru cukup lengkap untuk menyelenggarakan pembelajaran daring pendidikan agama Islam pada masa pandemi Covid19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Model evaluasi CIPP
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:17
Last Modified: 18 Mar 2022 07:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item View Item