Nurlina, Nurlina (2022) Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik Kelas IV SDN No. 58 Inpres Pangale Kab. Majene. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0211.036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan media audio visual dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkatkan karakter religius peserta didik kelas IV SDN No. 58 Inpress Pangale Kab. Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan karakter religius peserta didik kelas IV SDN No. 58 Inpress Pangale Kab. Majene.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/ siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Data aktivitas guru diperoleh melalui observasi kelas dan dianalisis untuk membandingkan tingkat aktivitas tersebut pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam menggunakan media media audio visual mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh jumlah skor 65 dengan persentase sebesar 72,2% yang menujukan kategori (baik) dan pada siklus II diperoleh jumlah skor 79 dengan persentase sebesar 87,8% yang menujukan kategori (sangat baik). Selanjutnya, penggunaan media audio visual dalam meningkatkan karater religius peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Hal tersebut dibuktikan pada tahapan siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 79,2% dengan kategori (baik) dan pada siklus II diperoleh sebesar 87,5% dengan kategori (sangat baik) artinya sudah memenuhi Kompetensi Inti (KI-1) pada sikap spiritual dan telah telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembentukan karakter religius oleh guru pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas IV SDN No. 58 Inpress Pangale Kab. Majene sudah berjalan dengan sangat baik dengan penggunaan media audio visual dalam membetuk karakter religius melalui proses pembelajaran di kelas tersebut peserta didik sangat dibiasakan dengan kedisiplinan, pola yang diterapkan dalam pendidikan langsung misalnya melalui kegiatan belajar mengajar, keteladanan, motivasi dan pengawasan dalam melakukan ibadah, bersyukur kepada Tuhan atas nikmat dan karunia-Nya, berdoa setiap mengawali dan mengakhiri kegiatan dan menerima sikap toleransi dalam beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Mar 2022 08:48
Last Modified: 14 Mar 2022 08:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item