Sudirman, Hastina (2020) Kualitas Layanan BAZNAS Kota Parepare Terhadap Kepercayaan Muzakki. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.2700.043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi setiap umat muslim yang mampu. Pelayanan yang baik, pengelola dengan orang yang tepat dan professional menimbulkan kepercayaan muzakki. Transparansi BAZNAS Kota Parepare ia lakukan agar para muzakki mengetahui kemana harta zakat dibagikan dan dimanfaatkan. BAZNAS Kota Parepare merupakan lembaga zakat yang membantu dalam pengumpulan dan penyaluran dana zakat di Kota Parepare. Muzakki membayar zakat di BAZNAS Kota Parepare melalui pemotongan gaji secara langsung karena Muzakki paham tugas BAZNAS yaitu pengumpulan dan penyaluran dana zakat. Tapi para muzakki belum mengetahui sistem yang digunakan BAZNAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan BAZNAS Kota Parepare terhadap kepercayaan muzakki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dari pegawai BAZNAS Kota Parepare data sekunder yaitu data Muzakki di SDN 53 Parepare terhadap kualitas layanan BAZNAS Kota Parepare, metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sistem pengumpulan dana zakat di BAZNAS Kota Parepare yaitu: melalui pemotongan gaji, UPZ, via transfer, barcode dan pengumpulan langsung. Muzakki mengatakan sistem tersebut mempermudah muzakki bayar zakat. 2) Transparansi penyaluran dana zakat di BAZNAS Kota Parepare yaitu: Non media dan media social untuk mempermudah muzakki mendapatkan informasi. 3) Respon kepercayaan muzakki terhadap system penyaluran dana zakat di BAZNAS Kota Parepare yaitu: dengan adanya transparasi penyaluran dana zakat membuat muzakki percaya dalam penyaluran dana zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, pengumpulan, transparansi penyaluran, respons muzakki, zakat
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012715 al-Waqf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 09 Mar 2022 09:28
Last Modified: 09 Mar 2022 09:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3326

Actions (login required)

View Item View Item