Implementasi nilai-nilai hukum Islam pada budaya mappande sasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di desa Ujung Labuang

Risnayanti, Risnayanti (2018) Implementasi nilai-nilai hukum Islam pada budaya mappande sasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di desa Ujung Labuang. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13.2200.111.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Mappande Sasi adalah budaya yang telah dilaksanakan secara turun-temurun di desa Ujung Labuang. Budaya ini merupakan salah satu bentuk syukuran para nelayan setelah pulang dari Kendari, Sulawesi Tenggara. Dalam pelaksanaan budaya tersebut, masih banyak masyarakat yang kurang memahami arti dari budaya tersebut serta nilai-nilai hukum Islam yang terkandung didalamnya. Dalam pelaksanaannya juga memerlukan biaya yang banyak. Oleh karena itu, perlu dijelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebelum pelaksanaan budaya, berlangsungnya, serta pasca berakhirnya budaya mappande sasi, serta mengetahui apa-apa saja nilai-nilai hukum Islam yang terkandung didalamnya serta kegiatan ekonomi yang terjadi dalam pelaksanaan budaya tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan ekonomi masyarakat pada budaya Mappande Sasi serta implementasi nilai-nilai hukum Islam yang terkandung didalamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode yang digunakan meliputi survei, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian kualitatif mengutamakan analisis data secara induktif, dari lapangan tertentu yang bersifat khusus, untuk ditarik suatu proposisi atau teori yang dapat digeneralisasikan secara luas. Analisis induktif ini digunakan karena beberapa alasan. Pertama, proses induktif lebih dapat menemukan kenyataan-kenyataan ganda sebagai yang terdapat dalam data. Kedua, analisis induktif lebih dapat membuat hubungan peneliti-responden menjadi eksplisit, dapat dikenal, dan akuntabel. Ketiga, analisis demikian lebih dapat menguraikan latar secara penuh dan dapat membuat keputusan-keputusan tentang dapat-tidaknya pengalihan kepada suatu latar lainnya. Keempat, analisis induktif lebih dapat menemukan pengaruh bersama yang mempertajam hubungan-hubungan. Terakhir, analisis demikian dapat memperhitungkan nilai-nilai secara eksplisit sebagai bagian dari struktur analitik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan budaya Mappande Sasi terdapat nilai-nilai hukum Islam, diantaranya dalam acara sebelum pelaksanaan budaya mappande sasi terdapat nilai musyawarah, nilai syukuran dan nilai gotong royong, dalam prosesi budaya mappande sasi terdapat nilai syukuran dan nilai silaturahim, serta dalam acara pasca pelaksanaan budaya mappande sasi yaitu nilai sedekah dan nilai silaturahim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 26 Sep 2018 04:33
Last Modified: 22 Aug 2019 18:18
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item