Hidayah, Nurul (2020) Studi tentang upaya guru dalam meningkatkan minat baca tulis Al-qur’an peserta didik Di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-qur’an Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat baca tulis Al-qur’an peserta didik dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat baca tulis Al-qur’an peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana peneliti mengumpulkan berbagai macam informasi berdasarkan suatu permasalahan yang ada pada saat penelitian. Penelitian lapangan ini bersifat kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang bahwa Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-qur’an peneliti melihat bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran baca tulis Al-qur’an di Madrasah Ibtidaiyah DDI Kariango Pinrang berjalan dengan baik, dimana minat belajar peserta didik cukup baik peserta didik antusias pada saat proses pembelajaran berlangsung. (2) Upaya guru dalam meningkatkan minat baca tulis Al-qur’an peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran, memberikan motivasi belajar, pendekatan kepada peserta didik, pemberian tugas, dan dengan membiasakan peserta didik membaca Al-qur’an. guru sangat berperan penting dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:26
Last Modified: 24 Feb 2022 08:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item