Sishanisari, Julian (2021) Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Etika Guru dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Etika yang harus dimiliki oleh seorang guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitabnya Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya peran etika sebagai pondasi pokok dalam pendidikan. Melihat situasi di zaman sekarang, maraknya kasus penyimpangan kode etik yang dilakukan oleh oknum guru yang terjadi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Padahal seperti yang kita ketahui, seorang guru diharapkan menjadi pribadi yang baik yang dapat dicontoh sekaligus dijadikan panutan segala pendapat dan tutur katanya oleh peserta didik dan lingkungan masyarakatnya. Oleh karena itu perlunya seorang guru kembali kepada kaidah yang disampaikan oleh KH.Hasyim Asy’ari dalam kitabnya yang berisi tentang etika yang harus dimiliki oleh seorang pendidik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode library research (penelitian pustaka) kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis atau analisis isi secara non statistic dengan data primer sebagai sumber data utama dan data sekunder sebagai sumber data pendukung. Peneliti menyimpulkan bahwa ada delapan bab yang dibahas dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim namun yang dibahas hanya ada tiga bab yakni, etika yang harus dimiliki guru yaitu etika guru terhadap diri sendiri, etika guru dalam proses belajar mengajar, dan etika guru terhadap peserta didik. Ketiga bahasan tersebut memiliki relevansi menurut pemikiran KH. Hasyim Asy’ari terhadap kode etik guru Indonesia baik etika guru terhadap dirinya sendiri, ketika akan mengajar dan terhadap murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, Etika Guru, Kode Etik Guru Indonesia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:46
Last Modified: 24 Feb 2022 01:46
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item