Hasnidar, Hasnidar (2021) Upaya Orang tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik pada Masa Pandemi Covid-19. (Studi pada SD IT Yaa Bunayya Sengkang kabupaten Wajo). Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0211.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tetang upaya orang tua dalam memotivasi belajar Pendidika Agama Islam peserta didik (Studi pada SD IT Yaa Bunayya Sengkang kabupaten Wajo), bertujuan mengetahui upaya orang tua terhadap anaknya. Implementasinya pada peningkatan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19. Jenis pelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, di mana peneliti berperan sebagai instrumen kunci, sebagai perancang, pelaksana, dan pelapor hasil penelitian.kemudian data dianalisis dengan melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengujian keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) orang tua berupaya memotivasi belajar pendidikan Agama Islam peserta didik pada masa pandemi Covid-19 yaitu, (a) mengarahkan anaknya setelah ada materi dan tugas dari gurunya, (b) memberikan semangat dalam belajar dengan cara memberi hadiah dan memberi hukuman (c) bermain dan bercanda dengan peserta didik bila bosan belajar,(d) selanjutnya menyediakan fasilitas yaitu berupa alat tulis menulis, media, buku dan fasilitas internet (e) membimbing dan mengontrol waktu kegiatan belajar anaknya mulai dari masuk pada kegiatan inti sampai selesai mengerjakan tugas Pendidikan Agama Islam (2) Motivasi peserta didik belajar Pendidikan Agama Islam kurang maksimal walaupun berbagai upaya telah dilakukan oleh orang tua dalam memotivasi anaknya, (3) kemampuan orang tua peserta didik SD IT Yaa Bunayya Sengkang dalam memotivasi belajar anaknya masih kurang maksimal. Implikasi dari penelitian ini adalah orang tua diharapkan tetap membimbing, mengarahkan peserta didik belajar di rumah dan terus memotivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik secara instrinksik maupun ekstrinsik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya orang tua, Motivasi, Belajar, Peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Feb 2022 09:04
Last Modified: 23 Feb 2022 09:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3299

Actions (login required)

View Item View Item