Rusdin, Rusdin (2020) Peluang dan tantangan pembelajaran bahasa Arab studi kasus di MTs Negeri 1 Mamuju. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1200.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Belajar bahasa Arab berarti belajar mendalami ajaran Islam karena bahasa Arab adalah sarana untuk memahami Al-Qur`an dan As-sunnah yang merupakan kitab suci dan sumber ajaran Islam. Bahasa Arab menjadi bahasa Al-Qur`an karena ia memiliki keistimewaan berupa sastra yang bermutu paling tinggi dibandingkan dengan bahasa yang lain di dunia. Oleh karena itu, setiap muslim yang ingin mengkaji lebih dalam tentang Al-Qur`an dan As-Sunnah maka hendaknya mempelajari dan memahami dengan baik ilmu tentang bahasa Arab. Selain menjadi bahasa Al-Qur`an dan As-Sunnah, bahasa Arab juga memiliki peranan penting sebagai bahasa Internasional. Penelitian ini membahas tiga variabel yaitu Pembelajaran Bahasa Arab, Peluang pembelajaran bahasa Arab dan Tantangan Pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Mamuju? (2) bagaimana peluang pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Mamuju? (3) bagaimana tantangan pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Mamuju?. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik di MTs Negeri 1 Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Mamuju menggunakan kurikulum 2013 (K13). 2) Peluang pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Mamuju antara lain pendidik mampu menyampaikan materi dengan baik sehingga peserta didik selalu semangat dalam belajar selain itu peserta didik juga disibukkan dengan kegiatan pekan bahasa dan baitullughah yang tentunya hal demikian mampu membuat peserta didik lebih antusias lagi dalam belajar bahasa Arab. 3) Tantangan pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Mamuju adalah minimnya sarana dan prasarana yang disiapkan oleh pihak sekolah terkhusus untuk pembelajaran bahasa Arab seperti laboratorium bahasa. Selain itu, masih banyak peserta didik yang menjadikan bahasa Arab hanya sebagai prasyarat untuk mendapatkan nilai tuntas pada buku laporan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peluang, Tantangan, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 09 Feb 2022 08:24
Last Modified: 09 Feb 2022 08:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3192

Actions (login required)

View Item View Item