Budidaya udang windu dalam meningkatkan pendapatan masyarakat desa Wiringtasi (analisis ekonomi Islam)

Nurhidayah, Nurhidayah (2018) Budidaya udang windu dalam meningkatkan pendapatan masyarakat desa Wiringtasi (analisis ekonomi Islam). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text
13.2200.077.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Di Desa Wiring Tasi banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari hasil budidaya tambak yang mereka kelola, dalam usaha tersebut mereka rela mengeluarkan modal yang besar untuk membeli bibit yang unggul di perusahaan demi mendapatkan keuntungan. Mereka memilih udang windu karena udang windu memiliki nilai jual yang cukup tinggi, sistem pengelolaannya yang singkat dan tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Proses pemasaran yang dilakukan masyarakat hanya menjual udang windu kepada penampung yang ada di Desa. Selanjutnya mengenai harga, pembudidaya hanya menerima harga yang telah ditentukan pengepul, karena harga udang windu tergantung dari berat dan jumlahnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi budidaya udang windu di Desa Wiring Tasi. Untuk mengetahui proses pemasaran budidaya udang windu di Desa Wiring Tasi. Untuk mengetahui peningkatan pendapatan masyarakat yang mengelolah udang windu. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada proses produksi budidaya udang windu di Desa Wiring Tasi terdiri atas: (1) perencanaan produksi yang memperhatikan faktor-faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja dan modal. (2) proses produksi yang mencakup dalam pengadaan dan pemilihan benih. (3) proses produksi yang terakhir adalah proses pemanenan hasil budidaya udang windu.Proses pemasaran/jual beli hasil panen budidaya udang windu digambarkan sebagai berikut: (1) Pembudidaya mengantarkan ke pembeli yang dalam hal ini penadah, penjual udang atau menjualnya secara langsung di pasar. (2) Penentuan harga berdasarkan naik turunnya dollar dan banyaknya persaingan. Dengan adanya budidaya udang windu ini pendapatan masyarakat meningkat setiap tahunnya, mereka bisa menghidupi biaya untuk keluarganya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Sep 2018 09:09
Last Modified: 22 Aug 2019 17:18
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item