Purnamasari, Intan (2021) Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas X MIPA MAN Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1200.021 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1200.021 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1200.021 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1200.021 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1200.021 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1200.021 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1200.021 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk memperoleh data yang akurat mengenai Penerapan model tebak kata. Terdiri dari 2 (dua) jenis pemasalahan, yaitu: 1) Untuk mengethaui bagaimana penerapan model pembelajaran tebak kata dalam pembelajaran bahasa Arab pada peserta didik kelas X MAN Pinrang; 2) Untuk mengetagui faktor pendorong dan faktor penghambat penerapan model pembelajaran tebak kata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reaserch) yang menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara (interview), observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi yaitu menggunakan beberapa metode pengumpulan data dan analisis data sekaligus dalam sebuah penelitian, termasuk menggunakan informasi sebagai alat uji keabsahan dan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran tebak kata dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu menerapkan beberapa metode dan model, khusunya model tebak kata. Adapun dalam penerapan model tebak kata dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah: model tersebut, langkah pertama pertama pendidik mempersiapkan materi dalam model pembelajaran tebak kata atau topik yang akan diberikan kepada peserta didik, adapun materi yang disajikan pada saat pembelajaran berlangsung yaitu dengan pembelajaran mufrodat/istima’ dengan menggunakan model tebak kata, lalu langkah kedua yang dilakukan oleh pendidik adalah menjelaskan arti kata yang terkandung dalam materi yang diajarkan dengan menuliskannya di papan tulis, kemudian pendidik membacakan kalimat yang ada di papan tulis lalu diikuti oleh peserta didik untuk membenarkan pengucapannya agar sesuai degan makharijul huruf. Dan langkah ketiga yang dilakukan oleh pendidik adalah memerintahkan peserta didik untuk membuat kelompok secara berpasang-pasangan, pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik yang sudah siap dan ingin tampil pertama kemudian kelompok lain memperhatikan dan menyimak sebelum mendapat giliran untuk naik memperaktikkan model tebak kata yang sudah di jelaskan; 2) Faktor pendukung dari model pembelajaran tebak kata ialah adalah minat peserta didik, buku ajar, dan pendidik. Adapun Faktor penghambat dari model pembelajaran tebak kata ialah peserta didik kurang tertib dalam pelaksanaan model pembelajaran tebak kata, kurangnya kepercayaan diri, waktu yang terbatas sehingga waktu yang digunakan dalam penerapan tebak kata kurang maksimal, dan lingkungan dapat mempengaruhi peserta didik dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model tebak kata, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Andi Nurindah Sari
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:10
Last Modified: 29 Mar 2022 07:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item View Item