Arsita, Arsita (2017) Strategi pemasaran Roti Risqie Bakery dalam peningkatan volume penjualan di Sidomulyo Kab. Pinrang (analisis ekonomi Islam). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[thumbnail of 13.2200.074.pdf]
Preview
Text
13.2200.074.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Strategi pemasaran memiliki peran penting untuk keberhasilan usaha perusahaan yang pada umumnya dan bidang pemasaran pada khususnya. Di samping itu, strategi yang menetapkan harus ditinjau kembali sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan yang selalu berubah. Dengan demikian strategi pemasaran dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan oleh perusahaan.Usaha roti, pada kenyataannya merupakan salah satu bentuk persaingan bisnis yang terjadi di masyarakat. Banyaknya perusahaan yang menekuni usaha dalam bidang penjualan khusunya roti menjadi tantangan tersendiri. Pada dasarnya masalah yang sering ditemui adalah dalam hal pemasaran. Pemasaran menjadi penentu guna keberlangsungan usaha tersebut. Tidak dipungkiri bahwa dengan menggunakan strategi yang tepat dapat menjadi penentu.Roti Risqie Bakery merupakan salah satu usaha yang berkecimpung dalam dunia pemasaran. Persaingan dengan pengusaha atau perusahaan lain adalah salah satu bentuk permasalahan yang berpengaruh terhadap jalannya bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi pemasaran yang digunakan oleh Roti Risqie Bakery dalam tinjauan ekonomi Islam. Mengetahui implementasi strategi pemasaran yang digunakan oleh Roti Risqie Bakery dalam tinjauan ekonomi Islam. Mengetahui evaluasi strategi pemasaran yang digunakan oleh Roti Risqie Bakery dalam tinjauan ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jenis strategi pemasaran yang dipergunakan oleh Risqie Bakery terdiri dari beberapa tahap. Pada tahap awal yaitu pemilihan pasar, kedua perencanaan produk, ketiga penetapan harga, keempat sistem distribusi serta kelima adalah promosi. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik serta bagian pemasaran pada roti Risqie Bakery mereka memiliki strategi pemasaran tersendiri dalam 5 hal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:55
Last Modified: 22 Aug 2019 22:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item