Musna, Musna (2020) Penerapan Model PAIKEM dalam Meningkatkan Penguasaan Kaidah Nahwu (Jumlah Fi’liyah) pada Kelompok Belajar Bahasa Arab di Ma’had Jami’ah IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
14.1200.018 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
14.1200.018 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
14.1200.018 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
14.1200.018 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
14.1200.018 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
14.1200.018 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
14.1200.018 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

PAIKEM merupakan suatu model pembelajaran yang diterapkan pada kelompok belajar bahasa Arab di Mahad Jami’ah IAIN Parepare yang memungkinkan dapat mengantarkan mahasiswa mudah dalam memahami materi pelajaran kaidah Nahwu (Jumlah Fi’liyah). Model pembelajaran ini diterapkan dengan menitikberatkan pada keaktifan, keenovatifan, kekreatifan mahasiswa maupun pembina. Demikian juga Efektif dan menyenangkan. Aktif yakni dalam setiap kelompok ditugaskan membuat beberapa jumlah fi’liyah dengan pola kalimat aktif : fi’il + fa’il + maf’ulun bihi dan fi’il + fa’il + dzorof/majrur, diantara mereka ada yang mencari, menulis mendikte dan ada yang mempresentasikan hasil kerjanya. Inovatif yakni mahasiswa ditugaskan membuat kalimat jumlah fi’liyah dengan memilih nama cantik dari temannya kemudian dikembangkan menjadi satu kalimat jumlah fi’liyah. Kreatif yakni mahasiswa ditugaskan untuk menyusun kalimat jumlah fi’liyah dengan menggunakan kartu berwarna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan kaidah Nahwu (Jumlah Fi’iyah) pada kelompok belajar bahasa Arab di Ma’had Jami’ah IAIN Parepare sebelum dan sesudah diterapkan model PAIKEM. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Experimental design (non design) dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Kemudian dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes (tertulis) dan adapun pengambilan populasi, sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive. Penerapan model ini dilakukan setelah diberikan tes awal dan juga observasi pada kelompok belajar yang sebelum-sebelumnya. Walhasil, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model PAIKEM dapat meningkatkan penguasaan kaidah Nahwu (Jumlah Fi’liyah) pada kelompok belajar bahasa Arab di Ma’had Jami’ah IAIN Parepare. Hasil penelitian ini dapat diketahui melalui data penelitian dengan menggunakan tes berupa pre-test dan post-test kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus standar deviasi dan t-Test. Berdasarkan tes hipotesis peneliti menggunakann (df) adalah N -K jadi, 36 – 2 = 34, untuk α = 0,05 dan df = 34 pada tabel berjumlah 2,032. Dengan membandingkan hasil yang telah diperoleh besarnya 〖t 〗_(hitung ) maka dapat diketahui bahwa 〖t 〗_(hitung ) lebih besar daripada 〖t 〗_(tabel )dimana 〖t 〗_(hitung ) = 17,48 sedangkan 〖t 〗_(tabel )= 2,032.. Berdasarkan perhitungan tersebut 〖t 〗_(hitung ) lebih besar daripada 〖t 〗_(tabel )dengan demikian hipotesis diterima. Artinya penerapan model PAIKEM mengalami peningkatan dalam penguasaan kaidah Nahwu (Jumlah Fi’liyah) pada kelompok belajar bahasa Arab di Ma’had Jami’ah IAIN Parepare. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kelompok belajar memiliki hasil belajar yang lebih tinggi setelah diterapkan model PAIKEM dalam pembelajaran kaidah Nahwu (Jumlah Fi’liyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model PAIKEM, Penguasaan Kaidah Nahwu (Jumlah Fi’liyah)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Andi Nurindah Sari
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:08
Last Modified: 29 Mar 2022 07:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3166

Actions (login required)

View Item View Item