Implementasi peraturan menteri nomor 1 tahun 2016 tentang pedoman umum subsidi beras bagi masyarakat miskin di desa Barae Kec. Marioriwawo kab. Soppeng

Puspita, Risna (2017) Implementasi peraturan menteri nomor 1 tahun 2016 tentang pedoman umum subsidi beras bagi masyarakat miskin di desa Barae Kec. Marioriwawo kab. Soppeng. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text
13.2200.056.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Program Raskin merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan pokoknya yaitu kebutuhan pokok berupa beras. Namun dalam melaksanakan program pemerintah tersebut terkadang terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Di mana kriteria keberhasilan program Raskin ini yaitu tepat sasaran, jumlah, waktu, harga, kualitas, dan tepat adminitrasi. Penelitian ini dilakukan dengan mengangakat permasalahan tentang bagaimana proses penyaluran beras miskin (Raskin) pada masyarakat di Desa Barae Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1). Mekanisme penyaluran bantuan Raskin dari Perum Bulog ke distributor yang kemudian disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan Raskin dapat dikatakan tidak sesuai dengan pedoman umum pelaksanaan program Raskin yaitu tidak tetap sasaran, tepat waktu, tepat harga, tetap jumlah, tepat kualitas dan tetap administrasi.
2). Menutut Peraturan Menteri No 1 Tahun 2016 Tentan Pedoman Umum Subsidi Beras Bagi Masyarakat Perpendapatan Rendah, implementasi kebijakan peraturan tersebut tidak berjalan dengan benar dan tidak mencapai sasaran, manfaat dan tujuan yang sebenarnya. Kemudian Perum BULOG dan distributor tidak menjalankan program tersebut sesuai yang diamanahkan oleh pemerintah kepada mereka.
Kata Kunci: Implementasi, Distribusi, Beras Miskin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2018 21:14
Last Modified: 22 Aug 2019 23:12
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item