Sahrul, Sahrul (2021) Upaya Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Membayar Zakat Mal (Studi Kasus BAZNAS Kota Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.2700.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Zakat mal merupakan zakat yang wajib untuk dibayar oleh seluruh manusia, apabila hartanya telah mencapai nishap dan haul dari zakat mal , zakat mal ini diperuntuhkan untuk delapan golongan yang berhak menerimany, di kota Parepare potensi zakat mal sangatlah besar namun kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar zakat mal dikota Parepare menyebabkan kurang optimalnya pengumpulan zakat mal ke BAZNAS kota Parepare, tentu semua itu merupakan tanggung jawab pihak dari BAZNAS untuk memikirkan strategi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat mal di era modern ini. Maka dari itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana upaya penggunaan media sosial dalam meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat mal( studi kasus BAZNAS kota Parepare). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kesadaran masyarakat dalam membayar zakat mal masih rendah yang disebebkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai zakat mal, maka dari itu BAZNAS kota Parepare mencoba menerapkan strategi menggunakan media sosial untuk mencoba menarik perhatian masyarakat untuk membayar zakat mal, sebagai salah satu upaya yang dilakukan oleh BAZNAS di era modern ini, BAZNAS dalam mennggunakan media sosial dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat membayar zakat mal terkendala pada masyarakat yang tidak tahu cara mengakses atau menggunakan media sosial terhususnya pada media elektronik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Media Sosial, Kesadaran Masyarakat, Zakat Mal, BAZNAS Kota Parepare
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012715 al-Waqf
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 26 Jan 2022 09:34
Last Modified: 26 Jan 2022 09:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item