Motivasi masyarakat dalam mengeluarkan zakat mal di Desa Batetangnga Kab. Polewali Mandar

Hakim, Hikmadia A (2017) Motivasi masyarakat dalam mengeluarkan zakat mal di Desa Batetangnga Kab. Polewali Mandar. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text
13.2200.028.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Motivasi Masyarakat Dalam Mengeluarkan Zakat Ma>l di Desa Batetangnga Kab. Polewali Mandar. Alasan memilih lokasi tersebut karena masyarakat di desa batetangnga Kab. Polewali mandar dalam mengeluarkan zakat, lebih mengeluarkan zakat fitrah dibandingkan dengan zakat ma>l. Padahal zakat ma>l wajib dikeluarkan bagi orang yang mempunyai harta yang sudah mencapai nisabnya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data yang diperoleh dari data primer dan datasekunder dan dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnis analisis datanya yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa: 1) Pola hidup masyarakat di Desa Batetangnga pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani. Karena disekeliling desa batetangnga terdapat kawasan pertanian. 2) Faktor-faktor motivasi masyarakat. Pertama,Ibadah. Kebanyakan dari para muzaki yang mengeluarkan zakat malnya adalah untuk memenuhi kebutuhan spiritualnya. Kedua, Sosial.Dengan rutin membayar zakat mal akan otomatis akan lebih banyak juga saudara sesama muslim yang dapat terbantu dalam hal kehidupan ekonominya. Ketiga, mencapai nisab dan haulnya.3) Dampak Zakat ini dapat membantu masyarakat dari segi perekonomian, memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Sep 2018 20:18
Last Modified: 04 Nov 2020 06:52
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item