Peran PT Kencana Suppa Permai dalam pemberdayaan Masyarakat di Desa Wiring Tasi Kabupaten Pinrang (Tinjauan Ekonomi Islam)

Supriadi, Supriadi (2017) Peran PT Kencana Suppa Permai dalam pemberdayaan Masyarakat di Desa Wiring Tasi Kabupaten Pinrang (Tinjauan Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text
13.2200.013.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

PT. Kencana Suppa Permai merupakan perusahaan yang bergerak di bidang budidaya udang yang selama ini masih menggunakan model konvensional. Perusahaan ini berlokasi di wilayah Desa Wiring Tasi. Oleh karena itu, masyarakat juga lebih mudah mengambil benur di PT. Kencana Suppa Permai, sehingga hasil yang didapat sangat memuaskan di Desa Wiring Tasi ini. Di samping itu, untuk udang vanname sudah hampir 70% keberhasilan yang diproduksi selama ini. Sehingga perlu adanya kajian lebih lanjut mengenai tinjauan ekonomi Islam terhadap peran perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Wiring Tasi.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara. Adapun teknik analisis datanya yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa 1) Peran perusahaan dalam mengembangkan kemampuan masyarakat dengan melayani masyarakat yang butuh benur dan menyalurkan hasil benurnya ke masyarakat. Selain itu, perusahaan berupaya memfasilitasi warga dalam proses terciptanya keadilan sosial serta mencari kebenaran. Jika dikaitkan dengan ekonomi Islam, maka dianggap sesuai dengan tujuan ekonomi Islam yaitu mencapai falah serta prinsip ekonomi Islam yaitu prinsip kecukupan. 2) Peran perusahaan dalam mengorganisasikan masyarakat yakni perusahaan memberikan wadah kepada masyarakat untuk mengembangkan kemampuannya dalam hal mencari nafkah untuk memelihara kesetaraan masyarakat serta mewujudkan perubahan masyarakat sosial yang transformatif dengan berangkat dari apa yang dimiliki oleh masyarakat yang bersangkutan. Dengan hal ini, Jika dikaitkan dengan ekonomi Islam, maka dianggap sesuai terutama dalam prinsip keseimbangan dan kecukupan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:31
Last Modified: 22 Aug 2019 23:19
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/299

Actions (login required)

View Item View Item