Amin, Sitti Jamilah (2019) Pemberdayaan Perempuan Nelayan melalui Pengembangan Usaha Bale Bungo (Oxyeleotriks Marmorata) Sebagai Oleh-Oleh Khas Kota Sengkang, Kabupaten Wajo. Research Report. LP2M IAIN Parepare, Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
LAPORAN PENELITIAN Sitti Jamilah.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview

Abstract

Ikan Bungo (oxyeleotris marmorata) merupakan ikan unik, karena hanya terdapat di Perairan danau 3ransform memiliki bentuk yang tipis sehingga ikan ini sering juga disebut “Ikan Kertas”. Menurut Majalah GeoMagz, ikan bungo (oxyeleotris marmorata) berpotensi untuk meningkatkan pendapatan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan. Karena selain unik, ikan bungo juga digemari oleh masyarakat umum, khususnya masyarakat di tiga Kabupaten (Wajo, Soppeng dan Sidrap). Atas dasar potensi tersebut, Ikan Bungo sangat cocok untuk dijadikan sebagai produk oleh-oleh khas kota Sengkang. Menjadikan ikan bungo (oxyeleotris marmorata) sebagai produk oleh-oleh akan meningkatkan nilai jual ikan tersebut, sehingga akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan anggota kelompok mitra. Akan tetapi, permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah mereka tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah ikan bungo menjadi produk oleh-oleh yang bernilai tambah ekonomis. Oleh karena itu, solusi yang akan ditawarkan dalam program kemitraan ini adalah melakukan peningkatan kapastitas anggota kelompok. Melalui serangkaian pelatihan dan focus group discussion (FGD). Adapun metode pelaksanaan program kemitraan ini adalah metode PAR ( Participatory action research). Metode PAR adalah metode penelitian pengabdian masyarakat dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat yang sering digunakan oleh peneliti untuk melahirkan aksi-aksi 3ransformative, dimana masyarakat adalah pelakunya sendiri.Terdapat tiga pilar utama dalam metode PAR yaitu aksi, partisipasi dan riset. Anggota kelompok yang didampingi dalam program pengabdian ini, akan dilatih secara partisipatif untuk menetapkan standar kualitas mutu produk oleh-oleh ikan bungo, desain kemasan, pemasaran berbasis E-Marketing, dan pelatihan pengembangan usaha bersama berbasis kelompok (KUBE).

Item Type: Research (Research Report)
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:42
Last Modified: 14 Jan 2022 07:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2916

Actions (login required)

View Item View Item