Efektivitas manajemen konflik dalam mengatasi masalah pada pt. Pegadaian (persero) Cabang Polewali (analisis manajemen syariah)

Harmah, Harmah (2017) Efektivitas manajemen konflik dalam mengatasi masalah pada pt. Pegadaian (persero) Cabang Polewali (analisis manajemen syariah). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text
12.2200.021.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Konflik merupakan peristiwa yang wajar dalam suatu organisasi, konflik tidak dapat disingkirkan tetapi konflik bisa menjadi kekuatan positif dalam suatu organisasi agar menjadi organisasi berkinerja efektif. Konflik dapat menjadi masalah yang serius dalam setiap organisasi, jika konflik tersebut dibiarkan berlarut-larut tanpa penyelesaian. Dimana motto pegadaian adalah “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”. Namun sering kali terjadi ketidak serasian keinginan antata pihak Pegadaian dengan debitur dalam hal penaksiran seperti pada saat penaksir menentukan jumlah pinjaman, biasanya jumlah pinjaman yang dikeluarkan oleh pihak Pegadaian lebih kecil dari keinginan nasabah. Penelitian ini dilakukan dengan mengangkat permasalahan tentang bagaimana sumber atau penyebab terjadinya konflik pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Polewali, bagaimana cara pengatasian konflik pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Polewali, bagaiamana faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas manajemen konflik pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Polewali tersebut menurut manajemen syariah.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu metode induktif, metode deduktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penyebab timulnya konflik pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Polewali, disebabkan oleh kurangnya membaca dan pemahaman nasabah tentang sistem dan konsep-konsep gadai yang ada pada Pegadaian dan dapat dikatakan sesuai dengan manajemen syariah karena sistem penaksiran barang gadai tidak terdapat unsur penipuan. 2). Proses penyelesaian konflik pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Polewali dapat dikatakan efektif. Dan dapat dikatakan sesuai dengan manajemen syariah karena tidak terdapat unsur-unsur kekerasan dalam menyelesaikan suatu masalah. 3). Faktor-faktor yang mempengaruhi keefektivitasan manajemen konflik pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Polewali dapat dikatakan efektif. Dan dapat dikatakan sesuai dengan manajemen syariah karena aktivitas dalam setiap fungsi manajemen terikat dengan hukum syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 18 Sep 2018 19:52
Last Modified: 22 Aug 2019 22:13
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item View Item