Manajemen strategi pemasaran pada travel study di PT. Dua Ribu Wisata (Perspektif etika bisnis Islam )

Majied, Kurnia (2016) Manajemen strategi pemasaran pada travel study di PT. Dua Ribu Wisata (Perspektif etika bisnis Islam ). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text
12.2200.011.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Di jaman serba moderen seperti saat ini telah banyak travel haji yang memudahkan seseorang untuk menunaikan ibadah Haji dan Umrah dengan menawarkan berhaji dan umrah dengan uang minimalis dengan berbagai fasilitas yang menjamin seperti akomodasi, penginapan serta konsumsi, dengan kemudahan yang diberikan travel banyak masyarakat yang lebih tertarik memilih travel haji untuk menunaikan ibadah nya. Tetapi banyak pula kasus travel yang marak diberitakan seperti melantarkan jamaahnya tidak memberangkat kan atau kurangnya fasilitas dan masih banyak lagi kasus-kasus travel Haji.
Sekarang ini sering kita jumpai cara pemasaran yang tidak etis, curang dan tidak profesional, kiranya peneliti ingin meneliti bagaimana akhlak kita dalam kegiatan ekonomi secara keseluruhan atau lebih lagi akhlak dalam pemasaran kepada masyarakat dari sudut pandang Islam. Kegiatan pemasaran seharusnya dikembalikan pada karekteristik yang sebenarnya.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). dengan perencanaan strategi yang direncanakan sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Dimana melihat respon masyarakat sangat baik, karena apa yang diterapkan sesuai dengan Islam dan terutamanya membantu dalam melakukan ibadah haji dan umroh. 2). bahwa strategi pemasaran yang dipasarkan telah sesuai dengan prespektif etika bisnis islam karena pengimpelementasian yang diterapkan tidak ada unsur kebohongan dan unsur kecurangan didalamnya.3) evaluasi harus ada dalam sebuah perusahaan sehingga dalam perusahaan bisa mengukur sampai dimana kinerja yang telah dicapai, dan itu sudah dijalankan oleh travel PT. Dua Ribu Wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 18 Sep 2018 19:41
Last Modified: 22 Aug 2019 01:45
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item