Muarifah, Muarifah (2021) Penerapan Etika Kewirausahaan Islam pada Pedagang Pasar Rakyat di Pekkabata Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.3300.048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Penerapan Etika Kewirausahaan Islam Pada Pedagang Pasar Pekkabata Pinrang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tujuan penerapan Etika Kewirausahaan Islam Pada Pedagang Pasar? bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan Etika kewirausahaan Islam pada pedagang pasar rakyat di Pekkabata Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yang berupa data yang diperoleh langsung dari sumbernya dan data sekunder yaitu data yang mencakup dokumen-dokumen resmi, buku yang berkaitan dengan penelitian dan lain-lain. Dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dalam penerapan etika kewirausahaan Islam terhadap sistem perdagangannya di pasar Pekkabata Pinrang, para pedagang melakukan beberapa aktifitas sebelum berjualan mereka mempersiapkan barang dagangan yang akan diperjual belikan kepada konsumen. Perilaku pedagang di pasar Pekkabata dalam menjalankan bisnis atau berdagang yang meliputi prinsip-prinsip etika bisnis Islam diantaranya. 1) Prinsip kejujuran diwujudkan untuk mempercaya satu sama lain dalam menjual apapun 2) Prinsip keseimbangan diwujudkan untuk seimbang dalam menakar barang dan adil saat melayani pembeli 3) Prinsip kehendak bebas diwujudkan untuk tidak melarang orang lain melakukan perdagangan disekitarnya 4) Prinsip Tanggungjawab diwujudkan bertanggungjawab atas amanat pembeli terhadap barang dan kualitas yang dijual. Faktor penghambat yang mempengaruhi tentang penerepan etika dalam jual beli menurut islam adalah faktor pendidikan. Pemahaman pedagang di pasar Pekkabata mengenai etika kewirausaha Islam belum sepenuhnya diketahui para pedagang. Akan tetapi, dalam melaksanakan transaksi jual beli mereka menggunakan aturan yang telah diatur oleh agama Islam seperti mempunyai sifat jujur dalam memperjual belikan dagangannya, berperilaku yang baik dengan pembeli dan adil dalam melayani transaksi jual beli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan etika, kewirausahaan Islam dan pedagang pasar
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:30
Last Modified: 10 Jan 2022 07:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item