Kama, Linda Lestari (2020) Studi Komparatif Hasil Belajar Peserta Didik Alumni Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Kasus pada MTsN Pangkep). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Faktor perbedaan jam pelajaran yang dialami peserta didik saat belajar di SD dan MI menjadi salah satu latar belakang dalam penelitian ini. Dimana peserta didik SD hanya belajar mata pelajaran Fiqih dalam satu bab dalam pelajaran PAI sedangkan peserta didik MI belajar dalam mata pelajaran khusus Fiqih yang dilalui dalam dua semester. Hasil belajar adalah buah dari proses pembelajaran untuk melihat sejauh mana keberhasilan yang dicapai peserta didik setelah mengikut proses pembelajaran yang ditandai dengan bentuk angka, huruf atau symbol tertentu yang disepakati oleh pihak penyelenggara pendidikan. Hasil belajar digunakan guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Hal ini dapat terjadi apabila semua unsur yang terlihat dalam pembelajaran dapat diformulasikan dengan baik. Seperti factor internal dan ekternal yang mempengaruhi proses dan hasil belajar itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar Fiqih peserta didik alumni SD dan MI pada MTsN Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dalam mengumpulkan data primer digunakan metode observasi, tes dan dokumemtasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis statistik komparatif dengan pengujian t-tes menggunakan rumus polled varian yang membandingkan hasil belajar peserta ddik alumni SD dan MI. Hasil kajian menunjukkan bahwa: dengan dk 24 dan taraf kesalahan 5%, maka t table = 2,064 (uji dua pihak dan dengan interpolasi). Dalam hal ini berlaku ketentuan bahwa, bila t hitung lebih kecil atau sama dengan t table, maka Ho diterima. Ternyata t hitung 0,21 < 2,064. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fiqih peserta didik alumni SD dan MI pada MTsN Pangkep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Bbelajar, Peserta Didik Alumni SD dan MI, dan Fiqih
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:42
Last Modified: 10 Jan 2022 03:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2859

Actions (login required)

View Item View Item