Irmawati, Irmawati (2021) Retorika Dakwah Ustad Das’ad Latief di Youtube (Studi Dramatisme dan Resepsi Khalayak di Kota Parepare). Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.0231.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Retorika Dakwah Ustadz Das’ad Latief Di Youtube (Studi Dramatisme Dan Resepsi Khalayak Di Kota Parepare). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana Retorika Dakwah Ustadz Das’ad Latif di youtube (2) bagaimana resepsi khalayak Ustadz Das’ad Latif di youtube. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan link google form serta menggunakan pertanyaan kepada informan lalu data dianalisis dan ditelaah kemudian dibuat abstraksi dari semua hasil wawancara. Jumlah informan melalui google form sebanyak tujuh puluh tiga orang dan jumlah informan melalui wawancara sebanyak lima orang . pemilihan informan dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu cara penentuan informan yang ditetapkan secara sengaja atas dasar kriteria tertentu atau pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini, pemilihan informan didasarkan pada kriteria di antaranya mahasiswa, pegawai, Dosen, IRT, dan Wiraswasta. Analisis data dengan data tematik yakni hasil temuan diproses berdasarkan tema-tema yang sesuai dengan kerangka pemikiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Retorika Dakwah Ustadz Das’ad Latif dari segi penggunaan gaya bahasa, dia menggunakan gaya bahasa sederhana, seperti halnya bahasa sehari-hari yang mudah dicerna oleh mad’u serta kerap menyisihkan bahasa daerah yaitu Bugis Makassar sehingga penyampaian dakwahnya terkesan menarik karena memiliki ciri khas tersendiri, memiliki suara yang lantang, penguasaan panggung, didukung dengan ekpresi wajah yang lucu, dan diselingi dengan humor yang menggelitik dan bentuk interaksinya dengan jamaah terkesan akrab, dari hasil analisis data dengan mengunakan analisis pentad antara lain tindakan (act), adegan (scene), agen (agent), agensi (agency), tujuan (purpose), dan sikap (attitude). Hasil selanjutnya bahwa resepsi khalayak terhadap Ustadz Das’ad yaitu khalayak berada pada tiga posisi, posisi hegemonik dominan pada posisi ini khalayak menerima ceramahnya karena penyampaian dakwah yang tegas, lugas, menarik dan penuh humor. negotiated position pada posisi ini khalayak hanya sekedar menonton hanya untuk sebagai hiburan tanpa harus menerima apa yang disampaikan oleh Ustadz Das’ad Latif, opositional hegemonic pada posisi ini khalayak menolak dan tidak menonton ceramahnya karena terkesan provokatif dan cenderung hanya fokus ke humornya serta mengeluarkan istilah yang terkesan kasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ustadz Das’ad Latif, Retorika Dakwah, dan Resepsi Khalayak
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:00
Last Modified: 17 Dec 2021 07:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item