Sarmila, Sarmila (2020) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Akhlak Peserta Didik di MTs Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Lingkungan keluarga merupakan pendidikan awal bagi peserta didik sebelum menginjak bangku sekolah. Keluarga juga berperan penting dalam perkembangan pendidikan kepada peserta didik melalui lingkungan keluarga yang harmonis. Lingkungan keluarga dapat mempengaruhi tingkah laku dan akhlak peseta didik di mana keluarga mempunyai hubungan darah dan lingkungan adalah tempat tinggal peserta didik.Akhlak peserta didik merupakan moral atau etika yang ada dalam jiwa peserta didik dan mempunyai karakteristik-karakteristik yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan keluarga peserta didik di MTs Negeri Parepare berada pada kategori baik yaitu 83% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 55 responden. (2) Akhlak peserta didik di MTs Negeri Parepare berada pada kategori baik yaitu 82%yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 55 responden. (3) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap akhlak peserta didik di MTs Negeri Parepare yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 55 responden dengan nilai r_hitung=0,422 ≥r_tabel=0,266 pada tingkat signifikan α=5%. Besarnya pengaruh lingkungan keluarga terhadap akhlak peserta didik sebesar 17%, dalam artian bahwa 83% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berimplikasi terhadap akhlak peserta didik karena keluarga merupakan panutan bagi anak-anaknya yang nantinya akan mempengaruhi baik sikap maupun tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Akhlak Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Nov 2021 07:14
Last Modified: 30 Nov 2021 07:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2791

Actions (login required)

View Item View Item