Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang

Anas, M. Irham (2021) Pengaruh Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.087 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.087 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.087 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.087 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.087 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.087 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Lampiran dan Daftar Pustaka)
16.1100.087 Lampiran dan Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Disiplin adalah suatu tata tertib yang dapat mengatur tatanan kehidupan pribadi dan kelompok, disiplin timbul dari dalam jiwa karena adanya dorongan untuk menaati tata tertib tersebut dengan demikian dapat dipahami bahwa disiplin adalah tata tertib, yaitu ketaatan, kepatuhan kepada peraturan tata tertib dan sebagainya. Motivasi adalah suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan. Perubahan energi dalam diri seseorang itu berbentuk suatu aktivitas nyata berupa kegiatan fisik. Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan. Sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuantitaif asosiatif. Adapun sampel penelitian sebanyak 70 peserta didik dari 236 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam kelas di kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang termasuk kategori sangat kuat yaitu 96,66% dengan nilai sig = 0,000 ˂ 0,05, maka H0 ditolak. Motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang termasuk kategori kuat yaitu 89,68% dengan nilai sig = 0,000 ˂ 0,05, maka H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar peserta didik. Model persamaan regresi untuk memperkirakan motivasi belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam adalah = Y = 5,422 + 0,720X. Di mana Y adalah motivasi belajar peserta didik, sedangkan X adalah kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam. Diketehui nilai R Square sebesar 0,142. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam (X) terhadap motivasi belajar peserta didik (Y) sebesar 14,2%. Sedangkan 85,8% motivasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:19
Last Modified: 29 Nov 2021 03:19
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2786

Actions (login required)

View Item View Item