Hasdana, Hasdana (2020) Peranan Guru Pai dalam Meningkatkan Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 1 Maiwa Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.160 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.160 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.160 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.160 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.160 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.160 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.160 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peranan guru PAI dalam meningkatkan karakter peserta didik merupakan usaha mengubah pola pikir dan perilaku peserta didik melalui pembinaan, pengarahan dan pembiasaan. Pembentukan karakter di SMP Negeri 1 Maiwa telah ada sejak dulu sehingga guru mata pelajaran PAI memegang peranan penting dalam hal ini.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter peserta didik di SMP Negri 1 maiwa kabupaten enrekang. Dan mengetahui peranan guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang sifatnya penggambaran dan pemaparan secara jelas dan terperinci mengenai hubungan yang terjadi antara dua variable yang diteliti dan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis reduksi data dan penyajian data. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) SMP Negeri 1 Maiwa adalah sekolah yang dalam perkembangannya telah menekankan pembentukan karakter peserta didik sejak sekolah ini dimulai. Indikatornya bahwa mulai dari kepala sekolah selaluh amanahkan, menilai dan mengevaluasi pelaksanaan karakter di sekolah sehingga semua guru-guru di SMP Negeri 1 Maiwa mengupayakan semaksimal mungkin pembentukan karakter peserta didik, terkhusus guru pendidikan agama Islam yang memiliki peran utama memberikan pembinaan karakter kepada peserta didik baik didalam proses pembelajaran maupun di luar kelas. Sehingga terbentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional diantaranya religious, bergaya hidup sehat, berpikir logis, kritis dan kreatif, demokratis, cerdas dan tanggung jawab. Namun, semua karakter tersebut salah satu diantaranya yaitu tanggung jawab terhadap pendidikan nya sangat kurang disadari oleh peserta didik selama masa pendemi Covid 19. 2), guru pendidikan agama Islam memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang keberhasilannya dalam proses pembelajaran serta dalam pembinaan karakter. Meskipun di SMP Negeri 1 Maiwa tidak memiliki mata pelajaran yang merujuk kepada pendidikan karakter atau pendidikan akhlak, namun guru pendidikan agama Islam terus mengupayakan semaksimal mungkin pembentukan karakter melalui pembinaan, pengarahan dan pembiasaan karakter positif dalam proses pembelajaran melalui metode dan perannya sebagai guru. namun dimasa pandemic dalam pelaksanaan pembentukan karakter peserta didik kurang maksimal dikarnakan proses belajar mengajar secara langsung tidak dapat dilaksanakan dan mengakibatkan penulis melakukan penelitian dimana hanya bisa melakukan sesi wawancara dengan beberapa pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, Membentuk Karakter, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Oct 2021 01:21
Last Modified: 27 Oct 2021 01:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item