Syahril, Muh (2020) Persepsi Masyarakat Terhadap Atribut Produk BTN Syariah Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2300.127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di dalam produknya BTN Syariah sudah menerapkan sistem syariah yang dianjurkan oleh agama contohnya tabungan batara ib yang menggunakan akad wadiah dan begitupun produk pembiayaannya menggunakan akad murabahah(jualbeli), dikota parepare sudah terbentuk BTN Syariah dan banyak masyarakat yang sudah mengambi jasa BTN Syariah, meskipun produk yang ditawarkan sudah menggunkaan kata syariah, kita belum tau apakah produk yang ditawarkan benar-benar sudah sesuai dengan syariat islam ataukah tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap atribut produk BTN Syariah Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normatif, yuridis formal dan pendekatan fenomenologis. Adapun teknik pengumpulan data adalah menggunakan metode observasi, dept interview dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusing Drawing/Verification (Menarik Kesimpulan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi masyarakat terhadap atribut produk BTN syariah Parepare, rata-rata mempersepsikan hal yang sama yaitu atribut produknya sudah sesuai dengan syariat Islam dan tidak menggunakan bunga karna mereka mendengar penjelasan dari pihak bank kalau banknya itu tidak ada kata bunga. 2) Faktor yang menyebabkan persepsi yaitu faktor internal dan eksternal, faktor internjal yaitu faktor yang menimbulkan persepsi melalui alat indera dan merasakan langsung, sedangkan ekstrenal yaitu melalui teman ataupun keluarga. 3) Upaya BTN Syariah menyalurkan produknya di masyarakat adalah dengan cara promosi, dan juga kerja sama dengan perumahan btn yang ada diparepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat, Atribut Produk
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:56
Last Modified: 15 Oct 2021 08:56
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item