Muis, Ummy Kalsum (2020) Pengaruh Metode Kisah Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.012 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.012 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.012 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.012 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.012 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.012 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.012 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode Kisah berbasis audio visual merupakan salah satu metode mengajar dengan meredaksikan kisah untuk menyampaikan pesan-pesan yang terkandung di dalam materi pembelajaran yang ditunjang dengan media audio visual. Hasil belajar merupakan suatu hal yang diperoleh seorang siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu yaitu dalam bentuk nilai raport. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Metode Kisah berbasis audio visual terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 62 orang dari 168 populasi dari jumlah siswa kelas VIII secara keseluruhan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling, yaitu teknik pengumpulan sampel yang memberikan peluang yang sama kepada setiap anggota populasi untuk menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif dan inferensial dengan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode kisah berbasis audio visual berada pada kategori tinggi 81,2% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 62 responden. (2) hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam berada pada kategori tinggi yaitu 84,1%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode kisah berbasis audio visual terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri Parepare, yang dibuktikan melalui analisis data dari hasil angket berdasarkan pada uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Y = 61,473 + 0,465 X, pada uji hipotesis dan uji korelasi menunjukkan bahwa R2 = 0,112 atau 0,112 x 100%= 11,2%, Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode kisah berbasis audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Parepare dengan kontribusi yang diberikan adalah 11,2% sedangkan 88,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Kisah Berbasis Audio Visual, Hasil Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Oct 2021 08:34
Last Modified: 07 Oct 2021 08:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item View Item