Implementasi Perda no. 38 tahun 2012 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perdagangan dan toko modern (studi di Kec. Mattiro Bulu Kab. Pinrang)

Latif, Muh. Sabir (2017) Implementasi Perda no. 38 tahun 2012 tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perdagangan dan toko modern (studi di Kec. Mattiro Bulu Kab. Pinrang). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13.2200.114.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Perda No. 38 Tahun 2012 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern di Kec. Mattiro Bulu Kab. Pinrang. Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana struktur normatif Perda No 38 tahun 2012 tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern di Kec. Mattiro Bulu Kab. Pinrang, dan bagaimana implementasi Perda No 38 tahun 2012 tentang Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern di Kec. Mattiro Bulu Kab. Pinrang.

Perda No 38 tahun 2012 yang mengatur tentang toko-toko retail modern serta kehadirannya yang justru malah berdampak negatif terhadap usaha-usaha retail tradisional milik masyarakat, hal ini tentu berkontradiksi dengan peraturan yang telah diatur oleh pemerintah bahwa dalam mendirikan minimarket tidak memberikan dampak yang ditimbulkan pada usaha ritel tradisional disekitarnya dan tentunya harus sesuai dengan kondisi masyarakat serta aturan-aturan yang telah diatur sebelumnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1).struktur normatif Perda No 38 tahun 2012 tidak mengatur dengan jelas tentang jarak, dan pengawasan antara minimarket dengan usaha ritel tradisional. 2). Implementasi Perda No 38 tahun 2012 tidak berjalan berjalan sesuai dengan yang diharapkan karena berdampaknya usaha-usaha ritel disekitar minimarket.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Jul 2018 17:50
Last Modified: 22 Aug 2019 22:49
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item