Fardi, Syamsu (2020) Relevansi Perencanaan Pembelajaran dengan Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
13.1100.084 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
13.1100.084 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
13.1100.084 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
13.1100.084 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
13.1100.084 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
13.1100.084 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
13.1100.084 Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa perencanaan pembelajaran merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum pembelajaran berlansung. Perencanaan pembelajaran menjadi sangat penting karena dapat membantu pencapaian sasaran secara lebih tepat waktu dan memberi peluang untuk lebih mudah dikontrol dan dimonitor dalam pelaksanaannya. SMK Negeri 1 Parepare saat ini menggunakan kurikulum 2013. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Parepare, bagaimana relevansi perencanaan pembelajaran dengan pelaksanaannya dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Parepare. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis terkait relevansi perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan latar SMK Negeri 1 Parepare. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan pendidik dan penserta didik di SMK Negeri 1 Parepare, hasil pengamatan dalam proses pembelajaran serta pengumpulan dokumen dari staf sekolah yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyusun perencanaan pembelajaran di sekolah SMK Negeri 1 Parepare, guru menjadikan silabus sebagai rujukan dalam pembuatan RPP. Sebelum proses mengajar guru membuat rencana pelaksanaan terlebih dahulu agar semua materi tersampaikan sesuai waktu yang telah ditentukan. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Parepare terbagi menjadi tiga, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Relevansi internal antara komponen pada RPP sudah saling berkaitan (relevan). Relevansi eksternal antara perencanaan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Parepare dalam materi kepedulian ummat Islam terhadap jenazah dan hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah adalah sebagai berikut: materi yang disampaikan di dalam kelas sudah relevan dengan yang ada dalam RPP, alokasi waktu yang digunakan sudah relevan dengan yang telah direncanakan pada RPP, ada beberapa kegiatan pembelajaran di kelas yang tidak relevan dengan yang direncanakan pada RPP, penilaian yang diambil sudah relevan dengan yang telah direncanakan pada RPP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Relevansi Perenccanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Sep 2021 01:51
Last Modified: 27 Sep 2021 01:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item