Strategi pengelola pasar Senggol Parepare dalam peningkatan minat pengunjung (analisis ekonomi Islam)

Syafruddin, Syafruddin (2018) Strategi pengelola pasar Senggol Parepare dalam peningkatan minat pengunjung (analisis ekonomi Islam). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13.2200.105.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Infrastruktur dalam sebuah negara menjadi penentu terhadap perkembangannya dan juga menjadi daya tarik tersendiri. Begitupun di sebuah daerah, tempat tertentu dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah tersebut. Keberadaan pasar malam menjadi salah satu daya tarik dan juga sebagai pusat perbelanjaan bagi masyarakat. Perbaikan serta pengembangan infrastruktur guna memberikan peningkatan terhadap minat masyarakat menjadi perlu dikarenakan perubahan yang terjadi seiring perubahan jaman. Dalam menganalisis manajemen strategi terlebih dahulu diperlukan adanya analisis faktor lingkungan, yang terdiri dari analisis faktor lingkungan internal dan analisis faktor lingkungan eksternal. Dimensi internal dalam manajemen strategi adalah kondisi organisasi pada saat sekarang berupa kekuatan dan kelemahan yang harus diketahui secara tepat untuk merumuskan rencana strategi yang berjangka panjang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh pengelola pasar senggol dalam peningkatan minat pengunjung. Serta mengetahui minat pengunjung setelah adanya perubahan infrastruktur.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi awal yang dilakukan oleh pihak pengelola adalah dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat. Strategi yang selanjutnya adalah sesuai dengan visi dan misi yang dimiliki oleh pihak pengelola pasar senggol. Serta memperhatikan maksud dan tujuan untuk meningkatkan minat pengunjung terhadap pasar senggol maka dilakukan pembangunan infrastruktur. Terdapat Faktor-faktor yang mempengaruhi minat dapat berupa faktor internal maupun eksternal. Selain perubahan infrastruktur, hal yang lain dapat mempengaruhi minat pengunjung dapat berupa pengalaman konsumsi (menggunakan), faktor sosial, sejarah masa lalu, pekerjaan, latar belakang sosial-ekonomi, usia, produk dan pelayanan yang ada di pasar senggol Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 18 Jul 2018 18:23
Last Modified: 22 Aug 2019 18:23
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item