Konsep keadilan dalam zakat pertanian dan zakat profesi

Wahyuni, Wahyuni (2017) Konsep keadilan dalam zakat pertanian dan zakat profesi. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13.2200.058.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Salah satu kegiatan ekonomi yang sangat dianjurkan oleh Islam adalah zakat. Al-Qur’an dan hadist banyak menjelaskan tentang zakat, dimana zakat sangat penting dan dianjurkannya guna untuk membersihkan harta, juga harta yang dikeluarkan zakatnya akan menjadi berkah, tumbuh atau bertambah dan berkembang. Konsep keadilan pengumpulan zakat itu meliputi beberapa yaitu menggunakan prinsip keadilan dalam distribusi, harta yang dikeluarkan memenuhi syarat dan ketentuan kemudian zakat tersebut diberikan kepada golongan-golongan yang berhak menerima.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui begaimana konsep keadilan dalam zakat pertanian dan zakat profesi, dimana penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dan menggunakan metode pengumpulan data dan mengolah data secara valid.

Keadilan dalam zakat pertanian dan zakat profesi yaitu keadilan yang berlandaskan dua prinsip keadilan (keadilan komutatif dan keadilan distributif) dari zakat pertanian, dimana zakat pertanian ialah zakat hasil pertanian seperti cengkeh, coklat, kopi, sayur-sayuran dan dapat disimpan lama yang dikeluarkan dari hasil panen dan telah mencapai nishab yaitu 5% jika tanaman itu diairi dengan alat pengairan dan jika tanaman itu diairi dengan tadah hujan maka zakatnya 10% dan tidak wajib dikeluarkan zakatnya apabila tidak mencapai nishab. Sedangkan zakat profesi ialah zakat hasil dari pemikiran, keterampilan dan keahlian seseorang yang didapat melalui jenjang pendidikan tinggi seperti (advokat, pengacara, dokter, insinyur, dll sejenisnya) dan telah mencapai nishab yaitu 2,5% yang nishabnya disamakan dengan zakat emas dan juga telah mencapai haul. Apabila pendapatannya tidak mencapai nishab maka tidak wajib atasnya mengeluarkan zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 15 Jul 2018 22:32
Last Modified: 22 Aug 2019 23:21
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item