Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya terhadap Profesionalisme Guru

Hanafie Das, St. Wardah and Halik, Abdul (2021) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya terhadap Profesionalisme Guru. 1, 1 (1). UNSPECIFIED, Sidoarjo. ISBN 978-623-227-535-5

[img]
Preview
Text (Full text)
BUKU KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku yang diberikan judul “Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dan Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru” merupakan salah satu pemenuhan dalam luaran penelitian yang disponsori oleh Dikti Proyek 2020. Dengan demikian, buku ini „beraroma‟ field research meskipun dalam beberapa catatan, banyak memuat dan menukil literatur yang relevan dengan tema kajian pembahasan. Hasil penelitian yang dimasukkan dalam pembahasan di buku ini, terkhusus ditempatkan pada Bab 8, sebagai data pembanding antara data library research dan field research. Telaah perbandingan data ini dapat dipahami apabila ditelusuri secara „utuh‟ atas seluruh kajian dalam buku ini.

Kepala madrasah memainkan perannya sebagai pemimpin, harus memiliki kompetensi, khususnya kompetensi manajerial. Kompetensi manajerial kepala madrasah memiliki wilayah kerja yang luas dan banyak, terutama pada ranah manajemen di madrasah. Prinsip manajemen yang dilaksanakan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian (evaluasi). Jika prinsip ini dikerjakan secara professional oleh kepala madrasah, maka kegiatan pendidikan dapat berjalan efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan. Namun kepala madrasah dituntut memiliki sifat-sifat pemimpin yang ideal agar dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

Salah satu tugas kepala madrasah sebagai manajer adalah melakukan kontrol dan pengawasan kepada guru, sebagai pendukung utama dalam pelaksanaan program pendidikan. Kontrol dan pengawasan sebagai bagian dari wilayah supervisi kepala madrasah, tentunya selalu memberikan pengarahan, pembinaan, bahkan melatihnya agar guru dapat bekerja secara professional. Jika kepala madrasah memiliki kompetensi manajerial dalam mengelola institusi pendidikanmadrasah, maka akan selalu membina dan mengembangkan kompetensi guru sebagai sumber daya pendukung. Kepala madrasah tidak akan mampu menyelesaikan target kinerja yang optimal jika sumber daya guru tidak mampu bekerja secara professional. Di sinilah ditemukan „titik temu‟ relasi antara kompetensi manajerial kepala madrasah dan profesionalisme guru. Hal detail bentuk relasi dalam kajian ini diulas sedemikian rupa pada bab-bab pembahasan.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 06 Jul 2021 02:01
Last Modified: 06 Jul 2021 02:02
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item