Persepsi pemilik warung terhadap sertifikasi halal di Kota Parepare

Alqubra, Zainab (2017) Persepsi pemilik warung terhadap sertifikasi halal di Kota Parepare. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13.2200.010.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Kota Parepare sebagai Kota Bandar Madani adalah kota yang banyak di kunjungi, baik sekedar singgah menikmati keindahan alamnya ataupun menetap. Keadaan Kota yang seperti ini membuka kesempatan untuk menjalankan usaha salah satunya dengan cara membuka warung makan. Kota Parepare memiliki masyarakat mayoritas beragama Islam, pemilik warung makan dalam produksinya belum tentu mengikuti prosedur yang benar dan standarisasi kehalalan. Hal ini erat kaitannya dengan Sertifikasi Halal. Sertifikasi Halal di keluarkan oleh Lembaga Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam fatwanya yang bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI). Dengan adanya Sertifikasi Halal memberikan kepastian status kehalalan makanan yang dikomsumsi, memberi nilai tambah bagi usaha, serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen. Banyaknya manfaat Sertifikasi Halal dibutuhkan oleh semua kalangan tetapi bagaimana penerapan Sertifikasi Halal di Kota Parepare dan bagaimana persepsi dari pemilik warung mengenai Sertifikasi Halal.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data field reserch. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi terhadap pemilik warung makan yang ada di Kota Parepare dengan ketentuan adalah warung makan yang memiliki tempat yang tetap dan ramai dikujungi serta tata letak yang bagus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk saat ini tidak ada warung makan yang menerapkan Sertifikasi halal pada warung makannya hal ini disebabkan karena pengetahuan yang kurang, kesibukan dari pemilik warung tersebut, terlebih lagi Sertifikasi Halal dalam penerapannya masih secara sukarela tidak menjadi suatu kewajiban. Persepsi dari masing- masing pemilik warung tentang kebutuhan Sertifikasi Halal berbeda-beda, tetapi dari semuanya pemilik warung siap melakukan Sertifikasi Halal jika memang sebuah kewajiban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Jul 2018 23:07
Last Modified: 22 Aug 2019 21:57
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item