Pangestu, Dian Resky (2017) Pengaruh pemahaman penyembelihan terhadap minat beli Ayam Potong (studi pasar Lakessi Kota Parepare). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
13.2200.002.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman penyembelihan terhadap minat beli ayam potong di Pasar Lakessi Kota Parepare. Pemahaman penyembelihan adalah pengetahuan yang mendalam terhadap proses menyembelih sesuai dengan syariat Islam yang merupakan faktor utama dan menjadi syarat halalnya memakan hewan darat yang boleh dimakan. Minat beli merupakan pemusatan perhatian yang dilakukan konsumen terhadap suatu barang dan akan menimbulkan keinginan untuk membeli setelah dilakukan evaluasi yang semakin menyakinkan konsumen untuk membeli barang tersebut. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 65 orang. Adapun teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif, regresi linear sederhana dan korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) 4 indikator minat beli yaitu minat eksploratif, minat transaksional, minat referensial dan minat preferensial terdapat dalam penelitian ini yang secara keseluruhan sangat tinggi dalam mengkonsumsi ayam potong tetapi ke-empat hal ini tidak terpengaruh pada masalah proses penyembelihannya. (2) Pemahaman Penyembalihan berada pada kategori sangat rendah, yaitu 69.9% dan minat beli ayam potong berada pada kategori sedang, yaitu 77.6%, yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 65 responden. Dalam penelitian ini tidak terdapat pengaruh antara pemahaman penyembelihan terhadap minat beli ayam potong di Pasar Lakessi Kota Parepare dengan perolehan nilai thitung sebesar 0,098 < ttable sebesar 1.998 pada taraf 5%, berdasarkan uji pengaruh yang telah dilakukan peneliti, maka dapa disimpukan bahwa besarnya pengaruh pemahaman penyembelihan terhadap minat beli ayam potong adalah hanya 1.2% dalam artian bahwa 98.8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Jul 2018 18:06
Last Modified: 22 Aug 2019 23:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item