Peran kelompok tani Suka Maju dalam pemberdayaan petani sayur-mayur di Desa Eran Batu Kab.Enrekang (analisis ekonomi Islam)

Saleh, Ahmad (2016) Peran kelompok tani Suka Maju dalam pemberdayaan petani sayur-mayur di Desa Eran Batu Kab.Enrekang (analisis ekonomi Islam). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12.2200.070.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :
Sebagian besar masyarakat indonesia mempunyai mata pencaharian di sektor pertanian. Tak terkecuali masyarakat di Desa Eran Batu, baik yang bergabung didalam kelompok tani maupun yang tidak. Untuk itu perlu diadakan penelitian tentang peran kelompok tani suka maju dalam pemberdayaan petani sayur-mayur. Bagaimana peran kelompok tani menurut Ekonomi Islam sebagai wadah untuk pemberdayaaan petani.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Intinya, penelitian ini berupaya menggambarkan kondisi faktual yang diperoleh dari hasil pengolahan data secara kualitatif melalui observasi peneliti terhadap masyarakat di Desa Eran batu Kab. Enrekang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kelompok tani suka maju dalam pemberdayaan petani sayur-mayur di Desa Eran Batu Kabupaten Enrekang diantaranya: 1) penyuluhan pertanian yang berfungsi untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat petani tentang cara bercocok tanam dengan baik. Bantuan langsung tunai dari pemerintah seperti bantuan hibah yang diterima langsung oleh anggota kelompok tani suka maju sebanyak 100 juta yang langsung masuk kedalam rekening kelompok tani, dan juga bantuan-bantuan seperti bibit, pupuk, pembasmi hama (racun). 2) pendapatan usaha tani di desa Eran batu setiap panennya berubah-ubah karena harga barang yang selalu naik turun, namun karena didalam kelompok tani suka maju petani banyak mendapatkan bantuan-bantuan dari pemerintah sehingga tingkat pendapatan yang dihasilkan para petani meningkat jika dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh sebelum bergabung dalam kelompok tani suka maju ini. Dalam hal ini pemerintah banyak memberikan solusi dan hal-hal pengalaman tentang pemeliharaan dan peningkatan dalam kualitas hasil pertaniannya. Dimana di dalam ekonomi islam prilaku keadilan sudah diterapkan dalam kelompom tani ini seperti halnya dalam pembagian bantuan-bantuan yang adil kepada semua anggota kelompok tani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Jul 2018 17:36
Last Modified: 22 Aug 2019 01:53
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item