Sistem pembiayaan pada WOM Finance Parepare(studi komparatif pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah)

Dandi, Dandi (2017) Sistem pembiayaan pada WOM Finance Parepare(studi komparatif pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah). Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12.2200.061.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Semakin berkembangnya lembaga keuangan non bank yang menawarkan berbagai bentuk fasilitas pembiayaan akan lebih memperluas penyediaan pembiayaan alternatif bagi dunia usaha serta kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain beroperasi menggunakan sistem keuangan konvensional, lembaga pembiayaan ini juga dapat melakukan kegiatannya dengan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah yang sedang berkembang dalam berbagai transaksi keuangan di Indonesia sebagai alternatif pembiayaan yang adil dan berkah bagi individu yang menjalankannya dan seharusnyaa Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam sebaiknya lebih mengedepankan pembiayaan syariah dalam mengoperasikan sistem keuangan. Sistem keuangan yang dimaksud adalah sistem lembaga keuangan yang terbebas dari praktik bunga.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). strategi sistem pembiayaan konvensional pada WOM Finance Parepare dilakukan melalui perencanaan strategi dengan memperluas daerah cakupan pasar, memperbanyak mitra kerja, dan melakukan promosi dan pengimplementasian terhadap perencanaan strategi tersebut menggunakan sistem keuangan konvensional 2). startegi sistem pembiayaan syariah pada WOM Finance Parepare dijalankan sesuai dengan prinsip Islami dan tetap melakukan perencanaan strategi sesuai dengan sistem pembiayaan konvensional. 3). sistem pembiayaan konvensional dan pembiayaan syariah terdapat persamaan dari segi produk, syarat pengajuan pembiayaan, dan mekanismenya. Perbedaan mendasar terletak pada instrument yang digunakan dalam pengambilan keuntungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Jun 2018 18:44
Last Modified: 22 Aug 2019 22:07
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item