Daniati, Wilda (2021) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.077 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.077 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.077 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.077 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.077 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.077 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.077 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring adalah sebuah interaksi antara pendidik dan peserta didik yang dibangun dalam jaringan internet, dimana pendidik dan peserta didik tidak bertatap muka secara langsung. Pembelajaran yang menggunakan teknologi multimedia whatsapp dan youtube. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki individu/peserta didik setelah mengalami dari berbagai pengalaman dalam belajarnya. Proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan perilaku dan kemampuan dari interaksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, khususnya kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 108 orang dari 148 populasi. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat penerapan pembelajaran daring pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten barru termasuk kategori sangat tinggi, yaitu 0,90 atau 90% dengan nilai sig = 0,001 < α= 0,05 maka H_0 Ditolak. (2) tingkat hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru termasuk kategori tinggi, yaitu 0,80 atau 80% dengan nilai sig = 0,000 < α = 0,05 maka H_0 Ditolak. (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Mallusetasi Kabupaten Barru. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil persamaan regresi Y ̂= 28,784 + 0,665X, nilai R sebesar 0,688 dan diketahui nilai R Square sebesar 0,473. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya kontribusi pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik (Y) sebesar 47,3%, sedangkan 52,7% hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:24
Last Modified: 21 Apr 2021 03:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item