Pemberdayaan zakat produktif pada masyarakat Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang

Aisyah, Sitti (2017) Pemberdayaan zakat produktif pada masyarakat Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11.2200.016.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Zakat adalah ibadah dalam bidang harta yang mengandung manfaat baik yang berkaitan dengan orang yang berzakat (muzaki), penerimanya (mustahik), harta yang dikeluarkan zakatnya juga bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Adapun lembaga yang mengelolah zakat yaitu Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Lembaga tersebut dapat menjadi salah satu elemen dari sekuritas sosial yang mencoba mengangkat derajat kesejahteraan seorang mustahik menjadi muzaki Penelitian ini bertujuan Untuk mengatahui bagaimana studi kelayakan, fungsi, dan dampak pemberdayaan zakat produktif terhadap masyarakat di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil kajian menunjukkan bahwa :1) Zakat produktif adalah modal pendistribusian zakat yang dapat membuat para mustahik menghasilkan sesuatu secara terus menerus dengan zakat yang diterimanya. Artinya zakat tersebut tidak dihabiskan atau dikomsumsi tetapi dikembangkan dan digunakan untuk membantu usaha para mustahik. Yang dimaksud dengan studi kelayakan zakat produktif adalah peneliti melakukan penelitian mengenai data-data penerima zakat tentang dapat atau tidaknya mereka menerima zakat yang kemudian zakat itu dikelola sebagaimana mestinya, agar kedepannya dapat menjadi suatu usaha yang bernilai produktif. 2) Fungsi pemberdayaan zakat produktif pada masyarakat di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang antara lain di bidang pendidikan : Membantu biaya sekolah bagi siswa yang tidak mampu dengan Program Beasiswa dan Memberikan bantuaan berupa tunjangan bagi guru-guru sukarela. Di bidang keagamaan : Membantu pesantren, pembangunan mesjid dan Membantu kegiatan yang diadakan panitia masjid. Di bidang social: Membantu pengusaha kecil dalam mengelola usahanya dan Mengembangkan usaha kecil agar dapat terus berkembang. 3) Pemberian modal usaha dari BAZNAS yang diperuntukkan bagi masyarakat akan memberikan peluang kerja yang baik sehingga dengan sendirinya masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja baru. Modal usaha tersebut tidak hanya berdampak pada kesejahteraan individu semata, akan tetapi juga kepada masyarakat banyak. Dengan adanya lapangan kerja yang di buka maka secara otomatis juga membutuhkan tenaga kerja sehingga dapat mendorong adanya kerja sama yang berdampak pada kesejateraan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 06 Jun 2018 18:21
Last Modified: 22 Aug 2019 21:55
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item