Pola Komunikasi Interaksi Sosial Pedagang di Pasar Lakessi Kota Parepare (Sebuah Studi Dramaturgi)

Aeni K, Nur (2021) Pola Komunikasi Interaksi Sosial Pedagang di Pasar Lakessi Kota Parepare (Sebuah Studi Dramaturgi). Masters thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
16.0231.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan Pola Komunikasi Interaksi Sosial yang dilakukan oleh Pedagang di Pasar Lakessi Kota Parepare.Tujuan penelitian ini untuk menemukan pola perilaku pengelolaan kesan tampilan presentasi diri sosial Pedagang di Pasar Lakessi Kota Parepare meliputi: pola komunikasi presentasi diri pedagang sebagai pengelolaan kesan panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) pedagang di Pasar Lakessi Kota Parepare.

Metode penelitian dalam konsepsi perspektif fenomenologi digunakan bertujuan untuk menggali pengalaman diri subjek penelitian dalam interaksi simbolik dan pendekatan dramaturgi. Observasi dan wawancara mendalam sebagai instrument utama dalam pengumpulan data penelitian.

Hasil penelitian menemukan bahwa pola komunikasi yang digunakan adalah pola komunikasi satu arah, dua arah dengan penggunaan komunikasi verbal dan non verbal. Kemudian presentasi diri pedagang saat berada dipanggung depan, pedagang memainkan perannya sebagai actor melalui aspek penampilan, sikap dan perilaku dan cara bertutur atau gaya bahasa. Kemudian dipanggung belakang memiliki tampilan berbeda dengan dipanggung depan. Pengelolaan kesan merupakan cara mendukung keanggotaan atau kesatuan dalam keluarga, teman dan tetangga dalam suatu interaksi sosial. Selain presentasi diri pedagang di panggung depan dan belakang juga dilihat dari penggunaan komunikasi berdasarkan prinsip prinsip komunikasi Islam yaitu qaulan sadidan, qaulan ma’rufan, qaulan balighan, qaulan masyuran, qaulan layyinan dan qaulan kariman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Feb 2021 00:51
Last Modified: 17 Feb 2021 00:51
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item