Strategi Komunikasi Polres Parepare dalam menangani penyebaran berita bohong (Hoax) di Media Sosial melalui CPR (Cyber Public Relation)

Artianasari, Nining (2021) Strategi Komunikasi Polres Parepare dalam menangani penyebaran berita bohong (Hoax) di Media Sosial melalui CPR (Cyber Public Relation). Masters thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
16.0231.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada “ Strategi Komunikasi Polres Parepare dalam menangani penyebaran berita bohong (Hoax) di Media Sosial melalui CPR (Cyber Public Relation). Penelitian ini di latar belakangi oleh seiring semakin banyaknya pemberitaan hoax yang terjadi di dunia maya, diperlukan adanya suatu Tindakan dari apparat dan penegak hukum khususnya kepolisian untuk menanggulangi hal tersebut. Salah satu langkah inovatif yang sudah dilakukan POLRI yang dalam hal ini dipelopori oleh Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Resort Parepare adalah dengan melakukan beberapa tahapan penanganan Hoax.

Di tengah era komunikasi dan pertukaran informasi yang serba digital, pemanfaatan media komunikasi online dalam proses public relation menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Dalam menerapkan cyber public relation yang baik, diperlukan startegi yang tepat pula yang dinilai efektif dan efisien yang dapat menjadi kunci dalam mensukseskan program-program yang berkaitan dengan pengelolaan opini di dunia maya, termasuk mengenai pemberitaan palsu (Hoax).

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan uraian terperinci terkait strategi komunikasi yang digunakan oleh Polres Kota Parepare dalam konteks Ilmu Komunikasi khususnya cyber public relations dalam menangani berita bohong (Hoax) di media social. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metodi studi kasus. Temuan dari penelitian ini adalah Humas Polres Kota Parepare dalam menangani berita bohong (Hoax) menggunakan empat proses public relations dari Cutlip yang terdiri dari Pencarian Fakta, Perencanaan, Komunikasi dan Evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Cyber Public Relation, Hoax, Media Sosial, POLRI
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:43
Last Modified: 16 Feb 2021 08:43
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item