Bisyriani, Andi (2021) Pengaruh Transaksi Cashless dan Minat Beli Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kota Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.0224.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Transaksi Cashless dan Minat Beli Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi (1) Adakah hubungan yang positif dan signifikan transaksi cashless dan perilaku konsumtif masyarat di kota parepare. (2) Adakah hubungan yang positif dan signifikan minat beli dengan perilaku konsumtif masyarakat kota Parepare. (3) Adakah hubungan yang positif dan signifikan transaksi cashless dengan minat beli terhadap masyarakat kota parepare. (4) Apakah transaksi cashless dan minat beli secara secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. (5) Bagaimana pengaruh transaksi cashless dan minat beli terhadap perilaku konsumtif masyarakat kota parepare. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh menggunakan angket dan data diolah dengan bantuan aplikasi SPSS For Windows Versi25.0 yaitu dengan pengolahan data analisis deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 orang pengguna Cashless yang sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan.Instrument penelitian dibuat berdasarkan skala Likert yang dibuat berdasarkan indicator variabel transaksi cashless, minat beli dan perilaku konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Transaksi cashless (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,276 > 0,05 dan koefisien regresi sebesar -0,319. (2) Minat beli (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 1,929. (3) terdapat Hubungan positif dan tidak signifikan antara Transaksi cashles dan perilaku konsumtif sebesar 0,305 dan sig. 0,06, minat beli terdapat hubungan positif dan signifikan sebesar 0,735 dengan sig.0,000. (4) Kemudian Transaksi cashless (X1) dan minat beli (X2) memiliki pengaruh secara simultan atau bepengaruh secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif, dibuktikan nilai F-hitung sebesar 46,635 > F-tabel yaitu 3,12 dengan nilai sig. p= 0,000 < 0,05. (5) besar sumbangan pengaruh variabel independen (X1, X2) terhadap variabel dependen (Y) dibuktikan dengan koefisien determinasi adjust R square adalah 0,536. Nilai ini menunjukkan bahwa sumbangan atau pengaruh transaksi cashless (X1) dan minat beli (X2) terhadap perilaku konsumtif (Y) adalah sebesar 53,6%. Sisanya sebanyak 46,4% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Transaksi Cashles, Minat Beli, Perilaku Konsumtif
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:17
Last Modified: 03 Feb 2021 03:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item