Rahmat, Algifari (2020) Persaingan Bisnis dalam Jual Beli Sepeda Motor di Kota Parepare (Tinjauan Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2200.126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat. Bisa jadi hal itu karena sepeda motor merupakan kendaraan kelas menengah, sepeda motor termasuk kendaraan yang harganya cukup terjangkau oleh masyarakat. Karna alasan banyaknya permintaan masyarakat akan kendaran motor inilah yang membuka peluang pengusaha baru dibidang sepeda motor. Dengan banyaknya pengusaha sepeda motor ini membuat para pengusaha ini semakin banyak saingan dan membuat pengusaha berfikir bagaimana caranya untuk menarik banyak pembeli agar usahanya dapat terus bertahan dan tidak gulung tikar. Banyak dari para pelaku bisnis yang menghalalkan segala cara demi memenangkan persaingan dan kelancaran transaksi bisnis mereka. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pengetahuan dalam memahami bagaimana persaingan bisnis yang dilakukan pengusaha sepda motor di kota Parepare dengan tujuan dapat memberikan gambaran mengenai aktivitas jual beli yang di lakukan oleh pengusaha sepeda motor di Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data yang dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa: (1) persaingan mengenai produk, para pemilik usaha sepeda motor memahami secara mendetail setiap produk yang mereka miliki. Persaingan harga yang terjadi pada pemilik bisnis sepeda motor di Kota Parepare adalah hal yang wajar terjadi. Persaingan tempat pada Para pemilik bisnis sepeda motor tidak terjadi karena pada dasarnya mereka mengatakan bahwa rezeki sudah ada yang mengatur. Persaingan pelayanan Para pemilik bisnis sepeda motor di kota Parepare mayoritas sudah baik. (2) persaingan yang terjadi pada pemilik bisnis sepeda motor di kota Parepare sudah sesuai dengan etika bisnis Islam yang ada, hal ini berdasarkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yang telah diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persaingan Bisnis, Sepeda Motor, dan Etika Bisnis Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Jan 2021 01:52
Last Modified: 22 Jan 2021 01:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item