Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Mutu Layanan Pada Bank Syariah Mandiri Parepare

Muzdalifah, Sitti (2020) Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Terhadap Mutu Layanan Pada Bank Syariah Mandiri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.2300.026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap mutu layanan pada Bank Syariah Mandiri Parepare. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap mutu layanan pada Bank Syariah Mandiri Parepare.

Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif dan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri Parepare dan sampel yang berjumlah 99 responden. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.

Penelitian ini menggunakan pengujian alat instrumen validitas dan realibilitas. Uji asumsi klasik yakni uji normalitas dan regresi, yang kemudian dilanjutkan kepada uji t apabilah telah memenuhi uji alat instrumen penelitian dan uji asumsi klasik.

Hasil pengujian alat instrumen munjukkan bahwa pernyataan yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan valid dengan variabel (X) rhitung 0,192> rtabel 0,1975 dan variabel (Y) rhitung 0,938> rtabel 0,1975. Pernyataan yang digunakan juga dinyatakan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha 0,848>0,60.

Hasil uji asumsi klasik menyatakan data dalam penelitian ini berdistribusi normal dengan nilai sig.0,302>0,05. Uji korelasi menyatakan variabel X dan variabel Y memiliki hubungan dengan nilai sig.0,000<0,05 dan termasuk dalam kategori kuat dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,739.

Hasil penelitian menyatakan uji t yang menunjukan variabel bebas kualitas sumber daya manusia (X) t hitung 10,796 > 1,661 t tabel dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 H0 ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap mutu layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sumber Daya Manusia, Mutu Layanan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 26 Oct 2020 17:15
Last Modified: 26 Oct 2020 17:15
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item View Item