Amalia, Ridha Widyanti (2020) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Harga Label Produk dan Sistem Pembayaran di Indomaret Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2400.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Etika bisnis adalah seperangkat nilai tentang baik, buruk, benar, dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan dalam prinsip-prinsip moralitas. Sistem pembayaran adalah “suatu sistem yang melakukan pengaturan kontrak, fasilitas pengoperasian dan mekanisme teknis yang digunakan untuk penyampaian, pengesahan, dan penerimaan instruksi pembayaran, serta pemenuhan kewajiban pembayaran yang dikumpulkan melalui pertukaran “nilai” antarperorangan, bank dan lembaga lainnya baik domestik maupun antarnegara (cross border). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Dengan melakukan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni meneliti peristiwa-peristiwa yang ada di lapangan sebagaimana adanya. Namun tidak bias terlepas juga dari penelitian kepustakaan (library research) karena dapat menjadi rujukan untuk mencari literatur-literatur dalam mengumpulkan data yang berbicara tentang penetapan harga hal-hal lain yang berkaitan dengannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1.) Alat pembayaran tunai dapat dilakukan dengan menggunakan uang, baik jenis uang logam ataupun uang kertas.Dalam peredarannya, uang tersedia dalam berbagai jenis pecahan agar memudahkan untuk bertransaksi. Alat pembayaran non-tunai dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yakni alat pembayaran untuk credit transfer dan alat pembayaran untuk debit transfer. 2.) Transaksi di Indomaret sebagian transaksinya menerapkan etika bisnis Islam yaitu dalam pelayanannya kepada konsumen di mana karyawan selalu sopan kepada konsumen, sedangkan sebagian yang lain dianggap tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam karna adanya ketidakjelasan di mana terjadinya selisih harga pada harga label produk dan pada saat melakukan pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga, Label produk, dan Sistem Pembayaran
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:43
Last Modified: 16 Oct 2020 00:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item