Strategi Pemasaran Hotel Al-Badar Syariah Makassar (Analisis Manajemen Syariah)

Mirnawati, Mirnawati (2020) Strategi Pemasaran Hotel Al-Badar Syariah Makassar (Analisis Manajemen Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.2400.007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran adalah rencana untuk memperbesar pengaruh terhadap pasar, baik dijangka pendek maupun dijangka panjang, didasarkan pada riset pasar, penilaian, perencanaan produk, promosi dan perencanaan penjualan, serta distribusi. Rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pemasaran dan strategi pemasaran yang diterapkan di hotel Al Badar Syariah Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data.

Hasil penelitian bahwa Penerapan strategi pemasaran yang dilakukan Hotel Al-Badar Syariah Kota Makassar yaitu menawarkan prinsip jasa kepada masyarakat di Kota Makassar. Dalam memilih lokasi mereka memilih lokasi yang sangat strategis untuk dijadikan sebagai tempat pusat bisnis. Dalam penetapan harga pihak hotel Al-Badar Syariah mempertimbangkan harga hotel-hotel lain yang ada di Kota Makassar agar pelanggan atau tamu tidak pindah ke hotel lain. Promosi yang dilakukan terbagi atas dua cara, yaitu online dan offline. Penerapan strategi pemasaran yang dilakukan Hotel Al-Badar Syariah Kota Makassar ditinjau dari manajemen syariah yaitu dari prinsip keadilan yang diterapkan yaitu terletak pada sistem pelayanannya yang diberikan kepada tamu sesuai dengan akad perjanjian yang dilakukan saat ingin memesan kamar hotel. Dalam prinsip amanah dan tanggung jawab yang diterapkan dilakukan oleh pihak pengelola hotel dalam mempertanggungjawabkan tugasnya kepada owner atau direksi. Di samping itu juga kepada tamu hotel. Dalam prinsip komunikasi yang diterapkan dalam bentuk keterbukaan karyawan kepada pihak atasan dalam mendiskusikan masalah yang ada dalam sistem managemen hotel sehingga tercipta suatu solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Al-Badar Hotel Syariah, Manajemen Syariah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 16 Oct 2020 00:43
Last Modified: 16 Oct 2020 00:43
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item