Irwandi, Adi (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta didik di MA DDI Kaballangang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah suatu proses penyampaian materi pembelajaran kepada peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan teratur oleh pendidik, sehingga tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan dapat tercapai dengan baik. Metode pembelajaran caca tulis Al-Qur’an adalah metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan tujuan agar peserta didik bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kesanggupan yang dimiliki peserta didik dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta memahami bacaan Al-Qur’an untuk memperoleh pesan yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran baca tulis al-qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik di MA DDI Kaballangang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Jumlah sampel sebanyak 61 responden dari 156 jumlah populasi siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inverensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode pembelajaran baca tulis Al-Qur'an paling tinggi 79% dari yang diharapkan. 2) Kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik paling tinggi 68% dari yang diharapkan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran baca tulis Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik di MA DDI Kaballangang Kabupaten Pinrang yang dibuktikan melalui analisis data hasil angket dengan perolehan nilai signifikansi 0,013 ≤ 0,05. Besarnya pengaruh antara metode pembelajaran baca tulis Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik adalah 9,9%. Dalam artian bahwa 90,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur'an, dan Kemampuan Membaca
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Sep 2020 00:12
Last Modified: 30 Sep 2020 00:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item