Ridwan, Muhammad (2019) Pengaruh Program Tahfidz al-Qur’an terhadap Efektivitas Belajar al-Qur’an Hadis Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program tahfidz al-Qur’an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah agar tidak terjadi pemalsuan dan perubahan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan maupun sebagiannya. Sedangkan al-Qur’an Hadis merupakan pelajaran yang ada didalamnya belajar mengenai ayat-ayat al-Qur’an dan teks-teks hadis untuk memahami isi dari al-Qur’an dan hadis. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 23 peserta didik dari 23 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik sampel jenuh, maksudnya ialah jumlah sseluruh populasi dijadikan sebagai sampel dikarenkan . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan infrensial dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dikategorikan tinggi 88% yang dibuktikan dengan analisis angket dari 23 responden dan efektivitas belajar al-Qur’an hadis dikategorikan tinggi 85% yang dibuktikan pula dengan analisis angket dari 23 responden. Terdapat pengaruh program tahfidz al-Qur’an terhadap efektivitas belajar al-Qur’an hadis pada peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kec. Baranti Kab. Sidrap. Hal ini dapat dibuktikan dengan menganalisis data dari hasil angket yang dipilih responden. Dan berdasarkan pada uji regresi linear sederhan menunjukkaan bahawa nilai Y= 4,898 + 0,711 X, dari hasil uji regresi linear sederhan bahwa tingkat program tahfidz¬ al-Qur’an berbanding lurus dengan efektivitas belajar al-Qur’an hadis dan pada uji hipotesis pada uji korelasi menunjukkan bahwa nilai R2 = 0,351 atau 0,351 x 100%= 35,1 % dan pada uji Sig thitung terhadap H1 menunjukkan nila thitung = 3,36 ˃ ttabel 1,72 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa program tahfidz al-Qur’an berpengaruh terhadap efektivitas belajar al-Qur’an hadis pada peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Kec. Baranti Kab. Sidrap dan konstribusi yang diberikan sebesar 35,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program Tahfidz al-Qur’an, Efektivitas Belajar al-Qur’an Hadis
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 Sep 2020 00:17
Last Modified: 29 Sep 2020 00:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item